SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Aplikasi Sistem Informasi Geografi

Aplikasi Sistem Informasi Geografi
Aplikasi Sistem Informasi Geografi

Aplikasi Sistem Informasi Geografi

Aplikasi Sistem Informasi Geografi

Aplikasi Sistem Informasi Geografi

Permasalahan yang umum terjadi pada pemerintahan daerah di Indonesia adalah tidak sesuainya perkembangan infrastruktur perkotaan terhadap pertambahan jumlah penduduk yang begitu cepat.

Dengan laju pertambahan penduduk yang sangat pesat tentunya dibutuhkan juga lahan yang cukup untuk temapt tinggal, fasilitas, utilitas serta pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Guna merencanakan fasilitas umum ini sangat dibutuhkan manaemen administrasi yang teratur terutama menyangkut penggunaan lahan dan pengembangannya.

Aplikasi sistem dalam perkotaan memberikan pengelolaaan data secara sistematis yang menyangkut updating, processing dan distribusi dari data geografis dan atribut. Dengan menerapkan sistem informasi geografis diharapkan dapat memperbaki sistem manajemen administrasi, pelayanan terhadap masyarakat luas, mempermudah dalam pengambilan keputusan serta untuk perencanaan kota.

Karena dengan adanya sistem ini, data geografis dapat dikelola dengan baik, mengurangi terjadinya data redundan, sehingga dapat lebih mudah untuk menganalisa dan mendapat informasi yang sangat penting bagi para pengambil keputusan.

Tujuan utama dari aplikasi sistem informasi geografis untuk perkotaan diantaranya adalah :

· Pengelolaan data geografis dengan lebih baik.

· Mengurangi adanya data yang tidak perlu (redundant data)

· Membangun dan menerapkan data geografis yang standar.

· Memperbaiki pengaksesan informasi untuk penggunaan sehari-hari ataupun bagi para pengambil keputusan.

· Memperbaiki manajemen perkotaan seperti infrastruktur, perpajakan, perencanaan kota, pertanahan dan perijinan.

Hal ini akan mendukung tujuan pemerintah daerah dalam pembangunan kota untuk pembangunan jangka panjang perkotaan dan perbaikan infrastruktur serta memperbaiki sistem pelayanan masyarakat. Selain itu dengan adanya sistem informasi geografis ini koordinasi dan kerjasama antar instansi dapat berjalan lebih baik, karena tanpa koordinasi dari instansi terkait pekerjaan ini akan sia-sia.

Sumber Data dan Organisasi / Administrasi

Oleh karena sistem informsi geografis ini diterapkan di perkotaan maka badan-badan yang terlibat sistem ini adalah seluruh aparat pemerintah daerah diantaranya : Dinas pemetaan, Dinas Tata Kota, Dinas Pengawasan Pembangunan Kota, Badan Pertahanan, Bappeda, Dinas Pendapatan Daerah dan semua dinas yang terlibat dalam pembangunan kota .

Hal terpenting dalam aplikasi SIG adalah sistem pengelolaan data atau basis data. Basis Data dalam SIG didasarkan pada model basi data yang terpadu untuk pemerintah daerah.

Sumber : https://aziritt.net/galaga-wars-apk/