SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Bermain games saat berpuasa, batal, makruh atau haram?

Bermain games saat berpuasa, batal, makruh atau haram?
Bermain games saat berpuasa, batal, makruh atau haram?

Bermain games saat berpuasa, batal, makruh atau haram?

Bermain games saat berpuasa, batal, makruh atau haram

https://acefile.co/f/21618089/sogafime-info720p-x-tra-absurd-2019-webdl-mkvSebagian Muslim, terutama anak-anak dan remaja, mungkin menghabiskan waktu dengan memainkan PUBG atau Mobile Legends atau games yang lain sembari menunggu waktu berbuka puasa. Tapi, tahukah Anda apa hukumnya bermain games saat menjalankan ibadah puasa?

Berikut tanya jawab dengan Ustadz Mahbub Maafi dari PBNU mengenai hukum bermain

games, termasuk saat Anda menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

Bolehkan kita memainkan games saat menjalankan ibadah puasa? Mengingat tidak sedikit games yang berkonten kekerasan, seperti perang, dan juga romantisme, bahkan seksualitas. Bagaimana hukumnya dalam Islam?

Pertama-tama yang perlu diketahui adalah hukum bermain games. Pada dasarnya bermain games yang mengandung nilai positif dan tidak ditemukan unsur judi itu diperbolehkan dengan catatan tidak sampai melalaikan kewajibannya sebagai Muslim.

Hal ini mengandaikan bahwa permainan games itu memiliki dampak sejauh mana bagi yang

memainkannya. Jika permainan games yang dilakukan memberikan dampak yang tidak semestinya seperti malah membuat pelakunya malas dan mengurangi etos kerjanya maka itu bisa menjadi makruh.

Bahkan, memainkan games itu bisa naik menjadi haram jika menyebabkan pelakunya terjerumus

melakukan perbuatan yang diharamkan. Hal ini seperti status hukum permainan catur yang sudah banyak dibicarakan para ulama. Misalnya seperti keterangan yang terdapat di dalam kitab al-Fiqh al-Manhaji sebagai berikut:

 

Baca Juga :