SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Cara mengetahui foto asli atau palsu editan

Cara mengetahui foto asli atau palsu editan
Cara mengetahui foto asli atau palsu  editan

Cara mengetahui foto asli atau palsu editan

Cara mengetahui foto asli atau palsu editan

Cara mengetahui foto asli atau palsu editan

Saat ini banyak beredar foto palsu di internet. Bagaimana cara termudah mendeteksi bahwa foto tersebut asli atau atau sudah teredit atau mungkin gambar tersebut palsu. Sebelum melanjutkan postingan ini perlu dibuat kesepakatan dengan teman-teman pengunjung tentang istilah foto tersebut yang akan saya gunakan dalam postingan ini. Ada 3 kategori photo yang akan digunakan dalam mendukung bahasan kali ini :
1. Foto asli , adalah foto yang benar-benar hasil jepretan langsung dari kamera pocket /kamera digital atau kamera handphone. (foto ini dapat dideteksi langsung menggunakan system file properties windows xp /windows seven).
2. Foto asli namun sudah teredit (Foto editan), objek yang ada pada gambar masih asli namun mungkin sudah di crop /dipotong beberapa bagian sehingga ukurannya berbeda dengan foto aslinya.
3. Foto palsu merupakan hasil modifikasi/manipulasi dari  foto asli menggunakan software pengolah grafis seperti adobe photoshop, paintshop,corel  atau software pengolah images lainnya.

Secara umum dengan menggunakan system file properties windows 7/XP kita hanya bisa membedakan dua kategori yaitu foto asli (karena meta datanya masih lengkap), dan foto editan (karena meta datanya sudah tidak lengkap lagi). Foto editan tersebut bisa menjadi acuan kita untuk menentukan apakah foto tersebut asli atau palsu. Untuk menentukan foto tersebut adalah foto asli yang telah teredit atau 100% photo palsu masih perlu dilakukan beberapa analisa visual dan analisa digital lanjutan menggunakan software pengolah images.

Dalam postingan ini hanya diuraikan saja bagaimana melacak/mengecek foto yang mungkin beredar di internet tersebut adalah murni 100% asli, atau foto tersebut kemungkinan asli /kemungkinan palsu silahkan lihat gambar berikut.

1. Jika anda disuguhkan foto seronok , teman-teman check dulu keabsahan foto tersebut jangan langsung percaya :

Sumber : https://blog-fiesta.com/