SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Cara Mengganti Aplikasi Default di Android

Cara Mengganti Aplikasi Default di Android
Cara Mengganti Aplikasi Default di Android

Cara Mengganti Aplikasi Default di Android

 

Cara Mengganti Aplikasi Default di Android

Cara Mengganti Aplikasi Default di Android

Sebagai pengguna android, kamu pasti sering menginstall beberapa aplikasi dengan fungsi yang sama. Contohnya adalah browser, pemutar musik, pemutar video, dan aplikasi penyunting dokumen. Memang, terkadang kita membutuhkan 2 aplikasi atau lebih walaupun memiliki fungsi yang sama. Contohnya ketika membaca berita, saya lebih senang menggunakan browser bawaan MIUI 8 daripada menggunakan Google Chrome.

Apa itu aplikasi default?

Aplikasi default adalah aplikasi yang digunakan secara default ketika melakukan tugas-tugas tertentu. Sebagai contoh, ketika kamu mengklik link dari pesan WhatsApp, maka akan muncul nama-nama browser yang terinstall di smartphone android kamu. Misalnya kamu punya Google Chrome dan browser bawaan, maka android akan menampilkan kedua browser tersebut yang akan digunakan untuk membuka link.

Jika kamu memilih Google Chrome sebagai aplikasi browser default, maka di kesempatan

berikutnya ketika kamu mengklik link (dari aplikasi apapun) akan langsung menggunakan Google Chrome yang tadi kamu pilih, tanpa menampilkan nama-nama browser yang lain.

Contoh lainnya adalah ketika smartphone android kamu terinstall lebih dari satu aplikasi office, misalnya Microsoft Word dan WPS Office. Maka setiap kamu membuka dokumen Word, Android akan menampilkan kedua aplikasi tersebut. Menanyakan aplikasi mana yang ingin kamu gunakan untuk melihat dan mengeditnya. Dan jika kamu memilih salah satu aplikasi tersebut sebagai aplikasi default, berikutnya ketika kamu membuka file Word akan langsung menggunakan aplikasi tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, kita ingin mengubah aplikasi default dari aplikasi a menjadi

aplikasi b. Seperti contoh kasus diatas, kamu ingin membuka link dengan menggunakan browser bawaan daripada Google Chrome. Tapi, kita sudah pernah membuat Google Chrome menjadi aplikasi browser default. Jadi tidak akan muncul pilihan menggunakan browser bawaan ketika mengklik link di android.

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menghapus default pada suatu aplikasi?

Sebenarnya, caranya cukup mudah namun masih banyak yang bingung. Yang pertama harus

dilakukan adalah buka pengaturan lalu pilih opsi aplikasi > pilih aplikasi yang sebelumnya sudah kamu buat menjadi aplikasi default. Di bagian bawah info aplikasi, klik “Hapus default”.

Nah, sekarang aplikasi tersebut bukanlah aplikasi default lagi. Cara ini berlaku untuk semua aplikasi android. Baik itu aplikasi pemutar musik, pemutar video, image viewer, atau aplikasi-aplikasi lainnya. Cara ini juga berlaku untuk semua tipe dan merk smartphone android.

Sumber:

https://furnituremebeljepara.co.id/human-fall-flat-apk/