SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Cerita Ilustrasi Peribahasa

Cerita Ilustrasi Peribahasa
Cerita Ilustrasi Peribahasa

Cerita Ilustrasi Peribahasa

Cerita Ilustrasi Peribahasa

Cerita Ilustrasi Peribahasa

Sambil menyelam minum air. Demikianlah sebuah peribahasa yang sering kita dengar. Peribahasa itu mempunyai maksud bahwa dengan hanya melakukan satu pekerjaan, pekerjaan lain juga selesai. Hal ini juga berarti dengan melakukan sebuah pekerjaan, seseorang bisa mendapatkan hasil yang lain. Peribahasa ini sama maknanya dengan peribahasa “Sambil berdiang, nasi pun masak” dan “Sekali mendayung, dua/tiga pulau terlampaui”. Peribahasa ini juga dapat tercermin dalam cerita berikut.

Pada bulan lalu, Bu Ani memerlukan jasa seseorang untuk membungkus keripik pisangnya ke dalam plastik. Kebetulan pekerja yang biasa melakukannya jatuh sakit. Bu Ani kebingungan mencari pekerja yang lain. Oleh karena itu, Tono mengusulkan kalau ia akan membantu Bu Ani. Tono adalah putra bungsu Bu Ani yang kini sudah duduk di kelas 6 sekolah dasar.

Bu Ani semula tidak setuju karena ia tidak mau anaknya capek dan mengganggu belajarnya. Tentunya karena sudah kelas VI, Tono harus lebih fokus belajar dalam rangka mempersiapkan ujian kelulusannya nanti. Tono meyakinkan ibunya kalau ia tidak akan capek. Tono mengatakan kalau ia bisa belajar pada waktu bangun tidur pada pagi hari.

Belajar di pagi hari menurut Tono sangat baik. Di waktu pagi, keadaannya sangat tenang dan tidak ada gangguan. Ketika keadaan tenang, pikiran bisa konsentrasi penuh. Udara yang sejuk di pagi hari juga membuat tubuh menjadi nyaman ketika belajar.

Akhirnya, Bu Ani setuju karena memang sangat mendesak. Tono pun membantu Bu Ani memasukkan keripik pisang ke dalam bungkus plastik. Keripik pisang itu sangat banyak. Tono pun belajar menghitung keripik-keripik yang telah dibungkus. Ia juga belajar mengubah berat keripik yang semula gram menjadi kilogram. Tidak sadar, bahwa selain membantu ibunya, Tono bisa belajar matematika.

Pekerjaan itu akhirnya diselesaikan dengan baik. Tanpa mencari pekerja, pekerjaan Bu Ani sudah selesai atas bantuan Tono. Ia pun dapat belajar matematika. Tidak hanya itu, ternyata Tono diberi uang saku tambahan oleh Bu Ani karena telah membantunya. Dari sebuah pekerjaan, Tono dapat membantu ibunya, belajar matematika, dan sekaligus mendapatkan uang. Dengan niat hanya membungkus kripik, ternyata Tono mampu meraih tiga manfaat sekaligus. Dengan begitu, perbuatan Tono mencerminkan peribahasa “Sambil menyelam minum air”.

Soal menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan “Sambil Menyelam Minum Air”

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!

1.    Apakah arti sambil menyelam minum air?
2.    Mengapa Bu Ani kebingungan mencari pekerja?
3.    Mengapa Bu Ani tidak setuju bila Tono membantunya?
4.    Siapa yang akhirnya membantu Bu Ani?
5.    Siapakah Tono?
6.    Apa pekerjaan yang dilakukan oleh Tono?
7.    Mengapa Tono berpendapat bahwa belajar di pagi hari itu baik?
8.    Bungkus keripik terbuat dari apa?
9.    Apa pelajaran yang dipelajari Tono sambil bekerja?
10.    Apa yang diberikan Bu Ani kepada Tono setelah selesai bekerja?