SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Elsa Raysa Agustin, Siswi Pecinta Bahasa

Elsa Raysa Agustin, Siswi Pecinta Bahasa
Elsa Raysa Agustin, Siswi Pecinta Bahasa

Elsa Raysa Agustin, Siswi Pecinta Bahasa

Elsa Raysa Agustin, Siswi Pecinta Bahasa

Elsa Raysa Agustin, Siswi Pecinta Bahasa

Berawal dari ketidak sengajaan, kini Elsa Raysa Agustin (17) tekun menggeluti dunia literasi bahasa. Siswa SMKN Kartika XIX-1 Kota Bandung tersebut sudah tampil di berbagai ajang perlombaan bahasa di semua jenjang sekolah.

Elsa bercerita, pada awalnya ia sama sekali tak menyangka akan menekuni bidang tersebut. “Soalnya dulu di SD, kalau misalnya ada perlombaan seperti ini, teman-teman di kelas suka bercanda buat nunjuk Elsa tampil. ‘Nih Bu, si Elsa aja weh,” ucap Elsa menirukan ucapan temannya, Rabu, 24 Oktober 2018 di SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung.

Setelah ditunjuk, Elsa pun mewakili sekolahnya dalam perlombaan tari tradisional. Kemudian siswa SDN Mekarwangi, Kabupaten Ciamis ini kembali mewakili sekolahnya dalam lomba membuat puisi. Dari sanalah awal pertemuan Elsa dengan dunia bahasa. “Nah darisana Elsa mulai ngerasa menemukan passion di bidang puisi. Setelah dijelaskan apa itu puisi dalan lain-lain oleh guru, Elsa mulai dalemin dan ikut lomba-lomba lagi,” tutur Elsa

Dalam lomba tersebut, Siswi kelahiran 17 Agustus 2001 tersebut berhasil menjadai jawara di tingkat Kecamatan Sukamantri dan Kabupaten Ciamis. Namun pada saat itu, Elsa belum mampu bicara banyak di tingkat Provinsi karena harus puas di peringkat ke enam. “Di Provinsi Elsa enggak masuk tiga besar, tapi ke enam. Namun dari sana, Elsa belajar banyak dan semakin menekuni bidang tersebut,” tutur Elsa.

Dari sana, Elsa yang awalnya selalu ditunjuk oleh teman-temannya mulai memberanikan diri

untuk mengajukan dirinya sendiri jika sekolah mencari siswa yang berkompetensi dalam kegiatan perlombaan bahasa. Yang terakhir, Elsa berhasil menjadi juara satu membaca puisi tingkat SMK pada saat kelas X.

Kepala Sekolah SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung, Abdurahman mengatakan, dia menemukan bakat Elsa saat mengikuti kegiatan bulan bahasa tahun lalu. “Lewat kegiatan tersebut, kita bisa menggali dan mengetahui potensi siswa dan Elsa salah satunya yang berpotensi dibidang bahasa,” tutur Abdurahman.

Pentingnya menguasai bahasa

Di peringatan bulan bahasa yang jatuh setiap bulan Oktober, Elsa menilai betapa pentingnya

penguasaan bahasa untuk kebutuhan hidup dewasa kini. “Penting banget soalnya bahasa itu jadi sebuah modal untuk tampil di dunia. Kalau kita kuasai semua bahasa, kita ga akan buta,” ucap siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan tersebut.

Dalam kegiatan literasi bahasa yang diselenggarakan oleh SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung tahun ini, Elsa mengikuti lomba speech dengan mengambil tema berkelompok dan berlomba menuju kebaikan. Tema ini muncul dari keresahannya terhadap lingkungan pergaluan teman-teman sebayanya.

“Elsa mengambil tema pidato dari pergaulan teman-teman di sekolah yang mayoritas laki-laki.

Obrolannya ramai tentang geng motor. Dari sana Elsa ambil poin dan dalam pidato tersebut mengajak mereka yang menyukai geng motor agar mampu selalu melakukan kegiatan yang positif,” ucap Elsa yang bercita-cita menjadi Guru Bahasa Sunda tersebut.

Selain speech, Elsa juga mengikuti perlombaan lainnya yang menggunakan dua bahasa lain, yakni bahasa Sunda dan Indonesia. Dengan semua ketekunannya, Elsa menjelma menjadi sosok siswa pecinta bahasa.***

 

Baca Juga :