SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

FEBI UIN STS Jambi Gelar Workshop Penyusunan RPS

FEBI UIN STS Jambi Gelar Workshop Penyusunan RPS
FEBI UIN STS Jambi Gelar Workshop Penyusunan RPS

FEBI UIN STS Jambi Gelar Workshop Penyusunan RPS

FEBI UIN STS Jambi Gelar Workshop Penyusunan RPS

FEBI UIN STS Jambi Gelar Workshop Penyusunan RPS

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN STS Jambi menggelar Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Implementasi RPS dalam rangka meningjatkan kualitas pembelajaran semester’.

Acara ini dilaksanakan dua hari bertempat di gedung MUI Jambi. Selain pemaparan secara teori, peserta juga diajak dalam praktek langsung membuat RPS tersebut.

Rektor UIN STS Jambi, Dr. H. Hadri Hasan, MA mengapresiasi diselenggarakannya Workshop Penyusunan RPS ini. Dikatakannya, RPS ini merupakan agenda tahunan yang mana untuk membuat proses pembelajaran lebih terarah.

RPS dikatakan Hadiri yang jelas dan sesuai dengan visi dan misi UIN maupun fakultas. Terlebih lagi, melibatkan masing-masing dosen.

“RPS ini untuk menyesuaikan apa yang kita lakukan dengan apa yang kita katakan. Harapannya kita bisa memenuhi amanat seperti yang tertuang dalam visi dan misi oleh masing-masing fakultas sesuai dengan spesifikasinya,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi Dr. Subhan, MAg

menambahkan, kegiatan Workshop Penyusunan RPS ini tak lain supaya dosen-dosen dalam melaksanakan perkulihan sesuai dengan aturan yang dikehendaki baik oleh kurikulum maupun  KKNI.

“Jadi yang makro seperti itu kita penuhi dalam rangka supaya mahasiswa menghasilkan dan menemukan nilai manfaatnya sejauh ini,” tandasnya.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Rafidah, M.EI menyebutkan, kegiatan ini diikuti oleh 56 peserta yang merupakan dosen FEBI. Kegiatan ini untuk menindaklanjuti Permendikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Selain itu, agar pembelajaran yang dilakukan di fakultas berbasis KKNI yang lebih menekankan

pada capaian pembelajaran, guna meningkatkan softskill lulusan.

“Diharapkan melalui Workshop Penyusunan RPS ini dosen dapat lebih mudah mengimplementasikan proses belajar mengajar dengan metoda RPS ini. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan diakui baik secara nasional maupun internasional,” terangnya.

Sedangkan Dr. Rudi Susilana, M.Si yang merupakan narasumber dari UPI Bandung menekankan beberapa point dalam paparannya. Diantaranya kaitannya dengan pengembangan RPS bagi dosen khususnya dosen FEBI.

Dikatakannya, dosen harus membuat RPS agar apa yang disampaikan dapat direncanakan

terlebih dahulu dengan baik.   “Diharapkan dengan RPS yang baik maka pelaksanaanya pun baik sehingga hasil belajarnya pun baik,” pungkasnya.

 

 

Baca Juga :