SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN

FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN
FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN

FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN

FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN

1. SEBAGAI KOMUNIKASI ANTARA OPERATOR DENGAN KOMPUTER ATAU MESIN

Anda sebagai operator dapat melakukan komunikasi dengan komputer atau mesin dengan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa komputer akan menerjemahkan perintah yang diberikan oleh operator menjadi kode biner yang selanjutnya dilakukan oleh komputer atau mesin. Kode biner tersebut diterjemahkan oleh komputer untuk melakukan tugasnya sesuai kehendak operator.

Operator dapat melakukan kendali dari komputer atau mesin dengan menggunakan bahasa komputer ini. Contoh penggunaannya adalah pengaturan pada traffic light yang memiliki jeda waktu tertentu antara merah, kuning, dan hijau. Pengaturan ini sebelumnya diatur oleh operator dengan memasukkan bahasa pemrograman yang selanjutnya dapat bekerja sesuai dengan keinginan operator.

2. SEBAGAI MEDIA PROGRAMMER UNTUK MENGEMBANGKAN APLIKASI

Saat ini sudah banyak layanan berbasis online yang membantu kehidupan masyarakat. Anda dapat menggunakan layanan seperti ojek online, belanja online dalam suatu situs web, atau menyalurkan donasi secara online. Aplikasi-aplikasi tersebut diciptakan oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman.

3. SEBAGAI MEDIA PENGGUNA UNTUK MENGOPERASIKAN KOMPUTER

Bahasa komputer pada dasarnya memang diperuntukkan sebagai media untuk mengoperasikan komputer atau mesin. Contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan pada mesin kasir di super market. Kasir cukup memasukkan kode tertentu sebagai bahasa pemrograman yang nantinya akan diterjemahkan dan diolah oleh mesin.


Baca Juga :