SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Jumlah Madrasah Negeri Masih Sedikit

Jumlah Madrasah Negeri Masih Sedikit
Jumlah Madrasah Negeri Masih Sedikit

Jumlah Madrasah Negeri Masih Sedikit

Jumlah Madrasah Negeri Masih Sedikit

Jumlah Madrasah Negeri Masih Sedikit

Jumlah madrasah negeri di Kota Bekasi masih sedikit. Kantor Kementerian Agama setempat mencatat, dari total 249 madrasah disemua jenjang, hanya enam diantaranya berstatus madrasah negeri.

Humas Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi Deden Taufiqurrahman mengatakan, di Kota

Bekasi terdapat 136 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 81 Madrasah Tsanayawiyah (MTs), dan 32 Madrasah Aliyah (MA). Dari jumlah itu hanya 1 MI, 3 MTs, dan 2 MA, yang berstatus sebagai madrasah negeri.

”Dari 249 sekolah Madrasah baik MTs, MI dan MA hanya ada 6 sekolah yang berstatus madrasah negeri,” tuturnya kepada Radar Bekasi, Selasa (20/8).

Hal tersebut disebabkan karena kebanyakan pemilik yayasan madrasah tidak mau merubah status lembaga pendidikannya menjadi madrasah negeri. Sebab dengan menjadi madrasah negeri, maka seluruh asetnya harus diberikan kepada negara.

”Pihak swasta tidak mau memberikan status swastanya untuk menjadi madrasah negeri, karena

jika sudah berstatus negeri nantinya seluruh pengelolaan baik gedung serta guru akan berstatus milik negara,” tuturnya.

Pada tahun ini, pihaknya memastikan tidak ada penambahan madrasah negeri. Menurutnya, madrasah negeri belum menjamin kualitasnya pendidikannya lebih baik.

”Tahun ini nggak ada dan pihak sekolah juga nggak akan mau status swastanya menjadi negeri.

Secara nama memang oke, tetapi dari segi sesuatunya (kualitas) kita belum menjamin itu,” ujarnya.

Dari 249 madrasah, 151 madrasah memiliki status akreditas A. Rinciannya, 89 MI, 47 MTs, dan 15 MA. Sedangkan sisanya terakreditas B dan C.

Deden menjelaskan, banyaknya madrasah yang belum terakreditasi A karena tak mudah untuk didapat. Harus melalui proses yang cukup panjang untuk meraih akreditasi tesebut.

 

Baca Juga :