SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Kapan Anak Perlu Mulai Diberikan Vaksin HPV?

Kapan Anak Perlu Mulai Diberikan Vaksin HPV?
Kapan Anak Perlu Mulai Diberikan Vaksin HPV?

Usia berapa gadis-gadis perlu mendapatkan vaksin HPV?

Infeksi HPV pada wanita dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal di serviks atau leher rahim. Pada beberapa wanita, pertumbuhan sel yang abnormal dapat berkembang pada kanker serviks.

Kanker serviks cenderung muncul pada wanita berusia 35-55 (usia subur). Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kemungkinan itu juga bisa muncul pada wanita yang lebih muda.

Seperti yang dilaporkan oleh salah satu jurnal di situs web Pusat Nasional Informasi Bioteknologi, 21 persen wanita berusia 20-29 tahun memiliki karsinoma serviks dan bahkan 1 persen wanita di bawah usia 20 dipengaruhi oleh kanker mematikan ini. Juga dicatat bahwa ada rata-rata 14 kasus kanker serviks per tahun pada wanita muda antara usia 15 dan 19 tahun.

Lindungi putri Anda dari kanker serviks dengan memberikan vaksinasi HPV. Jangan berpikir bahwa vaksinasi terhadap HPV hanya dapat diberikan kepada orang dewasa.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Anda dapat memberikan vaksinasi HPV kepada putra atau putri Anda saat ia berusia 11 atau 12 tahun. Sebagaimana dilaporkan oleh Kompas, Asosiasi Dokter Anak Indonesia bahkan merekomendasikan vaksinasi terhadap HPV pada anak-anak yang lebih tua dari 10 tahun.
Dianjurkan untuk mengelola vaksin kanker serviks berdasarkan usia

Cara kerja vaksin HPV

adalah dengan merangsang antibodi sebagai respons kekebalan tubuh sendiri terhadap HPV, di mana antibodi ditangkap untuk membunuh HPV sehingga virus HPV tidak dapat memasuki serviks (leher rahim).
Bagi wanita, vaksin kanker serviks direkomendasikan untuk dua atau tiga dosis. Untuk anak-anak antara usia 10 dan 13 tahun, dua dosis dapat diberikan. Dosis pertama diberikan pada usia itu (10-13 tahun) dan dosis kedua dapat diberikan dari 6 bulan hingga 12 bulan kemudian.

Sedangkan, pada anak-anak di atas usia ini, dosis pemberian diberikan tiga kali, yaitu bulan ke-0, bulan pertama atau kedua dan bulan ke-6. Antibodi yang terbentuk selama pemberian ganda pada usia 10-13 tahun setara dengan pemberian tiga dosis selama pemberian selama 13 tahun.

Dosis vaksin diyakini merupakan perlindungan jangka panjang terhadap infeksi HPV. Jika anak adalah remaja dan dosis vaksin tidak lengkap, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk melengkapi dosis vaksin. Jadi, dapatkan vaksinasi HPV Anda pada putri Anda segera, lindungi anak tercinta Anda dari kanker serviks yang mematikan.

Baca Juga: