SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Karakteristik Perawatan Dan Pembinaan Klien

Karakteristik Perawatan Dan Pembinaan Klien
Karakteristik Perawatan Dan Pembinaan Klien

Karakteristik Perawatan Dan Pembinaan Klien

Karakteristik Perawatan Dan Pembinaan Klien

Karakteristik Perawatan Dan Pembinaan Klien

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena penyimpangan perilaku sosial yang meresahkan di kalangan masyarakat. Peneliti tertarik untuk memfokuskan pada ciri khas kegiatan upaya perawatan dan pembinaan melalui metoda dzikrullah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metoda penelitian yaitu studi kasus, karena penelitian ini menggali secara mendalam tentang upaya perawatan dan pembinaan individu yang mengalami penyimpangan perilaku sosial melalui metoda dzikrullah.
Data yang terkumpul tentang karakteristik perawatan dan pembinaan melalui metoda dzikrullah adalah sebagai berikut : Jenis penyimpangan perilaku yang dapat disembuhkan, faktor-faktor penyebab penyimpangan perilaku individu, tujuan, program, prosedur perawatan dan pembinaan, kualifikasi yang dimiliki oleh para pembina dalam bidang kehidupan religius, keterampilan dan tampilan perilaku, kurun waktu penyelesaian/evaluasi (penyelesaian perawatan dan pembinaan), dan kegiatan-kegiatan tindak lanjut.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, karena peneliti ingin lebih leluasa untuk mengamati tingkah laku sebagaimana adanya. Wawancara digunakan untuk mengungkap wawasan atau pemikiran-pemikiran dalam memecahkan masalah. Adapun teknik dokumentasi digunakan untuk mengungkap data kongkrit tentang klien yang datang dan yang telah menjalani perawatan/pembinaan secara kuantitatif.
Hasil dari pelaksanaan upaya perawatan dan pembinaan dibuktikan secara empiris dengan adanya perubahan perilaku klien, yang mengalami penyimpangan, ke arah yang lebih baik (akhlak karimah), yaitu antara lain adanya dua puluh satu orang mantan klien yang ditugaskan untuk membantu kiyai dan memiliki kualifikasi tampilan perilaku mahmudah dalam melaksanakan ketaatan terhadap Allah, menjauhi larangan-Nya, menjaga kesucian jasmani dan rohani, menjadi suri teladan, menguasai teori dan tehnik (keterampilan) membantu. Tolok ukur dinyatakan selesai menjalani perawatan dan pembinaan, dapat dilihat dari kondisi kesehatan fisik dan mental, serta dapat merealisasikan tuntunan agama dalam kehidupan sehari-hari.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi praktisi bimbingan dan konseling di sekolah, yaitu sebagai berikut : memperkaya wawasan keilmuan dalam bidang bimbingan dan konseling yang bernuansa islami untuk dijadikan alternatif pilihan dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Bagi orang tua/keluarga, meningkatkan komunikasi antara orang tua dan anak dengan harapan dapat mengurangi kecenderungan munculnya penyimpangan perilaku sosial. Adapun untuk sekolah dan masyarakat, dapat menciptakan suasana yang kondusif bagi anak didik dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi sesuai dengan yang dimilikinya, serta meningkatkan perhatian di lingkungannya yang akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan dan penyesuaian perilaku.
Untuk penelitian lebih lanjut yaitu sebagai berikut. Mengkaji literatur tentang konsep-konsep bimbingan konseling dalam Al-quran dan Al-hadist. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan para pakar profesional yang berkaitan dengan perawatan dan pembinaan.