SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Kas Virtual pada Kartu Elektronik

Kas Virtual pada Kartu Elektronik
Kas Virtual pada Kartu Elektronik

Kas Virtual pada Kartu Elektronik

Kas Virtual pada Kartu Elektronik

Kas Virtual pada Kartu Elektronik

Smart card merupakan kartu elektronik genggam yang dapat digunakan untuk pembayaran. Ada empat tipe kartu: memory card, shared-key card, signature-transporting card, dan signature-creating card.
Memory card memuat microchip yang hanya memiliki kemampuan untuk menyimpan informasi. Kartu ini juga memuat perangkat keras yang dapat menghasilkan PIN (personel identification number) untuk mengakses isi kartu. Shared-key card menggunakan enkripsi atas semua komunikasi antara kartu dengan cash register (atau media pembayaran yang lain). Enkripsi dilaksanakan karena kedua media, baik kartu maupun cash register, memiliki kunci rahasia yang sama (sharing card). Signature-transporting card memungkinkan user membayar menggunakan wesel kas digital. Wesel ini ditransfer ke cash register pada saat pembayaran. Cash register dapat segera mengecek keabsahan wesel melalui media komunikasi online dengan bank. Signature-creating card pada dasarnya serupa dengan signature-transporting card. Perbedaannya, signature-creating card dapat menghasilkan tanda tangan digital sendiri. Kartu semacam ini dapat digunakan untuk menulis cek secara elektronik yang memuat tanda tangan digital pemilik kartu.
Toko Internet
1. Konsumen menggunakan web browser untuk mengakses website penjual melalui internet. Jika browser bersifat “wallet enabled”, browser akan mengirimkan informasi konsumen ke website. Berikutnya, browser akan membantu mengecek keabsahan konsumen maupun penjual.
2. Server transaksi web online milik penjual akan menjalankan beberapa fungsi. Pertama, web penjual akan berkomunikasi dengan perangkat lunak “shopping cart” yang akan men-display item yang tersedia untuk dijual dan harga yang berlaku saat ini. web juga berperan mengirim informasi pembayaran konsumen ke lembaga keuangan untuk kliring transaksi. Terakhir, server transaksi akan mengirim informasi pembelian ke database penjual atau server akuntansi untuk diproses lebih lanjut dan untuk memenuhi pesanan konsumen.
3. Lembaga keuangan yang memproses kliring akan mengirimkan dana (dikurangi dengan biaya proses) secara elektronik ke bank penjual. Selanjutnya bank penjual akan mengirimkan pemberitahuan secara elektronik ke sistem akuntansi penjual. Perangkat lunak akuntansi akan merekonsiliasi transaksi penjualan dengan bukti penerimaan dana dari bank.