SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Kemampuan Bahasa Inggris Indonesia Terendah di Dunia. Benarkah?

Kemampuan Bahasa Inggris Indonesia Terendah di Dunia. Benarkah?
Kemampuan Bahasa Inggris Indonesia Terendah di Dunia. Benarkah?

Kemampuan Bahasa Inggris Indonesia Terendah di Dunia. Benarkah?

Kemampuan Bahasa Inggris Indonesia Terendah di Dunia. Benarkah

Kemampuan Bahasa Inggris Indonesia Terendah di Dunia. Benarkah

Indonesia masuk ke dalam salah satu dari 50 negara dengan kemampuan bahasa Inggris terendah di dunia. Apabila tahun 2016 Indonesia menempati peringkat ke-32 dengan kecakapan rentang menengah dibandingkan 72 negara lain, tahun 2019 Indonesia harus puas untuk duduk di posisi ke-61 dari 100 negara yang terdaftar. Jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lain, pada tahun ini Indonesia menempati peringkat ketiga belas dari 25 negara. Peringkat ini masih di bawah kemampuan rata-rata Vietnam atau Jepang, dan tertinggal jauh dari negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura.

Pada laporan EF EPI SET tahun 2019, negara maritim ini mendapatkan skor dalam rentang

kecakapan rendah dengan rata-rata 50,06. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia cenderung mengalami penurunan skor secara bertahap.
kecakapan-indonesia-EPI.jpg
Peringkat kemampuan bahasa Inggris tingkat kecakapan rendah hingga sangat rendah pada laporan EF EPI SET tahun 2019 (EF EPI Report, 2019)
Peringkat Indonesia Rendah, Mengapa?

Apa penyebab peringkat yang rendah ini? Banyak dari kita telah mempelajari bahasa Inggris

bahkan dari saat duduk di bangku sekolah dasar. Sistem pendidikan yang saat ini berlaku di Indonesia memang menempatkan bahasa Inggris dalam salah satu kurikulum utama, bahkan mata pelajaran ini menjadi salah satu yang diuji dalam ujian nasional. Namun kesenjangan ekonomi, akses terhadap teknologi, dan perbedaan kualitas pengajaran di tiap daerah membuat indeks kecakapan bahasa Inggris antar wilayah memiliki rentang yang terbilang lebar. Hal ini kemudian berpengaruh pada rata-rata kecakapan bahasa Inggris nasional di Indonesia.

Hanya 2 daerah yang berhasil mendapatkan rata-rata kemampuan bahasa Inggris menengah; yakni D.I. Yogyakarta dan Jakarta Raya, sementara sisanya terbagi di antara kecakapan rendah dan sangat rendah.

Menariknya, Indonesia bukanlah satu-satunya negara di Asia yang mengalami penurunan tingkat

kecakapan bahasa Inggris untuk tahun 2019. Lebih dari separuh negara di Asia juga mengalami kasus serupa. Kesenjangan antar kelompok ekonomi dan jenis pekerjaan menjadi faktor kunci yang mendorong terjadinya fenomena tersebut.
Perlu diketahui bahwa kedua hal di atas juga bukan menjadi alasan pokok—faktor lain seperti gender yang juga memainkan peranannya sendiri. Wanita rata-rata memiliki kemampuan bahasa Inggris lebih tinggi dari pria di kebanyakan negara Eropa dan menyumbang skor lumayan tinggi di dalam peringkat kecakapan. Walau begitu, beberapa negara di Asia justru mengalami hal sebaliknya. Secara tidak langsung, hal tersebut berpengaruh pada total nilai kemampuan bahasa Inggris di setiap negara, khususnya di Indonesia.

 

Sumber :

https://www.kakakpintar.id/