SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah Semangka

Kandungan Dalam Buah Semangka

Semangka mengandung banyak air, memiliki nilai gizi yang tinggi, dan dikenal sebagai buah yang direkomendasikan bagi mereka yang memiliki pola makan sehat.

Berikut ini adalah beberapa komponen nutrisi buah semangka (154 gram).

Energi 46,2 kkal
11,6 gram karbohidrat, termasuk 9,6 gram gula
0,6 g serat
10,8 mg kalsium
Fosfor 16,9 mg
Magnesium 15,4 mg
172 mg kalium
Vitamin C 12,5 mg
Asam folat 4,6 mikrogram
6,3 mg kolin
Vitamin A 43,1 mikrogram
Beta karoten 467 mikrogram
Lutein dan Zeaxanthin 12,3 mikrogram
Likopen 6.980 mikrogram
Phytosterol 3,08 mikrogram
Selain itu, buah semangka juga mengandung nutrisi sebagai berikut:

Vitamin B seperti tiamin, niasin, dan riboflavin.
Seng, mangan, selenium, fluorida dan mineral penting lainnya.
Triptofan, leusin, lisin, arginin, dan antioksidan lainnya.

Manfaat Semangka untuk Kesehatan

manfaat semangka

1. Jantung yang sehat

Manfaat semangka yang pertama adalah kesehatan jantung. Semangka merupakan buah yang mengandung likopen sama halnya dengan tomat. Likopen adalah antioksidan yang mencegah radikal bebas merusak tubuh dan sel.

Selain itu, likopen membantu tubuh melawan kolesterol jahat akibat penyakit jantung koroner. Penelitian membuktikan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Pencegahan radikal bebas

Semangka merupakan sumber likopen yang baik. Likopen semangka sangat baik untuk kesehatan jantung dan tulang karena likopen berperan sebagai antioksidan.

Likopen memiliki sifat antioksidan dan menetralkan molekul radikal bebas yang merusak sel dan jaringan.

3. Pencegahan dehidrasi

Semangka adalah salah satu buah yang paling melembabkan. Tidak mengherankan jika buah-buahan ini sangat populer di daerah tropis dan populer dengan musimnya.

Semangka mendorong orang untuk minum banyak air karena mengandung banyak air dan rasanya lebih enak daripada air mineral biasa.

4. Mengatasi dan mencegah kelemahan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa semangka adalah jantan alami. “Minum semangka memiliki efek yang sama dengan Viagra,” kata Vimu Patil, direktur Pusat Peningkatan Buah dan Sayuran di Texas A&M College.

Keuntungan semangka adalah biasanya tidak menimbulkan efek samping yang terkait dengan obat kuat.

Kentang goreng dan daging semangka membantu mengobati patah tulang ringan hingga sedang.

5. Pencegahan asma

Likopen adalah antioksidan yang membantu tubuh melawan cairan dan masuk angin. Yang lebih menarik, antioksidan membantu mengurangi gejala asma pada anak.

Manfaat buah semangka dapat meningkatkan pernafasan penderita asma. Sebuah penelitian pada 17 orang dewasa penderita asma menemukan bahwa likopen efektif dalam mengobati asma.

Asupan likopen dan vitamin A yang cukup untuk asma.

6. Pengendalian diabetes

Saat Anda makan semangka, ginjal Anda mengubah satu jenis asam amino, L-Steroline, menjadi L-Arginine, tetapi kedua asam amino ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini banyak digunakan dalam perang melawan diabetes.

Studi telah menunjukkan bahwa manfaat semangka berasal dari suplementasi L-arginine, yang mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan cukup asam amino dari semangka. Tetapi makanan yang mengandung senyawa ini juga merupakan komponen penting dari diet apa pun yang dirancang untuk melawan diabetes.

7. Mencegah batu ginjal.

Manfaat buah semangka baik untuk detoksifikasi ginjal. Karena buah-buahan tinggi kalium. Selain itu, buah semangka mengurangi risiko kerusakan ginjal dan batu ginjal dengan cara menurunkan konsentrasi asam urat dalam darah.

Buah ini membantu buang air kecil dan membersihkan ginjal karena kandungan airnya yang tinggi. Antioksidan semangka menyehatkan ginjal Anda untuk waktu yang lama.

8. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of High Blood Pressure, manfaat ekstrak semangka telah ditemukan dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk dengan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium dan magnesium dalam buah semangka sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah.

Kalium adalah obat antivirus. Artinya, mengurangi ketegangan di arteri dan arteri, sehingga merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular.

9. Pencegahan kanker

“Faktor pertumbuhan mirip insulin (IGF) atau faktor pertumbuhan mirip insulin sangat penting dalam pengobatan kanker,” kata John H. Snyder dari Sekolah Gizi Chapel Mountain di Universitas Utara. Carolina berkata begitu. Kata Schneider. Sebuah studi oleh Laura Bowers menemukan bahwa manfaat semangka menurunkan kadar insulin. Insulin merupakan faktor penting dalam kambuhnya kanker.