SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Lengkap

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Lengkap
Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Lengkap

Susu kedelai telah dibahas berkali-kali belakangan ini, terutama di kalangan vegetarian. Kandungan kalsium dalam susu kedelai masih belum diketahui. Meski demikian, susu kedelai memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Manfaat konsumsi susu kedelai termasuk mengurangi kolesterol, kanker dan risiko obesitas. Selain itu, susu kedelai juga meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi masalah setelah menopause. Susu kedelai memiliki sumber energi, protein, gula, serat dan lemak yang baik. Ini termasuk berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Apa manfaat susu kedelai?

1. kesehatan jantung
Susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan manusia untuk nutrisi dan pertumbuhan. Protein dibuat dari asam amino yang memiliki keunggulan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavon dalam susu kedelai memiliki fungsi menurunkan kolesterol darah.

Beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi untuk menurunkan tekanan darah. Telah ditemukan bahwa susu kedelai dapat menurunkan tekanan darah lebih baik daripada susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan hingga sedang.

Pada pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek positif pada tekanan darah. Jadi, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mengurangi gejala setelah menopause
Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita pasca-menopause. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa isoflavon kedelai dapat mempertahankan kadar estrogen pada wanita menopause.

Sistem kekebalan tubuh dapat melemah setelah menopause karena efek penuaan dan penurunan estrogen. Isoflavone adalah konstituen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga dapat membantu memperkuat pertahanan tubuh pada wanita saat ini.

3. Mencegah osteoporosis
Manfaat lain dari susu kedelai adalah pengurangan osteoporosis pada wanita pascamenopause. Osteoporosis adalah risiko bagi wanita menopause. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan kejadian penyakit.

4. Antikanker
Konsumsi susu kedelai memiliki keuntungan mengurangi risiko kanker prostat pada pria. Hasil beberapa penelitian merekomendasikan mengonsumsi susu kedelai untuk mengurangi risiko kanker prostat. Selain itu, kanker payudara, yang juga berhubungan dengan kadar estrogen, juga bisa dicegah dengan mengonsumsi susu kedelai.

5. Antioksidan
Efek antioksidan isoflavon pada susu kedelai memiliki keuntungan mengurangi risiko penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek antioksidan dan perlindungan pada hati, yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan kerusakan yang terjadi dalam tubuh. Kerusakan sel akibat stres oksidatif diyakini sebagai penyebab utama penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker oleh DNA.

Pada manusia, ditemukan bahwa isoflavon mencegah oksidasi LDL dan menghambat kerusakan DNA. Diyakini bahwa sistem kekebalan itu sendiri memberikan pertahanan terhadap penyakit akibat penuaan. Wanita menopause rentan terhadap penyakit kronis yang berkaitan dengan proses penuaan dan hormon. Isoflavon dapat meningkatkan kekebalan pada populasi ini dan menghambat kerusakan DNA oksidatif pada wanita pascamenopause.

6. Mencegah obesitas dan mengurangi kolesterol
Obesitas dapat terjadi pada pria dan wanita setelah menopause. Isoflavon dalam susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis dan mengurangi bentangan jaringan adiposa. Ini juga mempengaruhi penurunan kolesterol LDL dalam darah dan dapat mencegah penyakit kardiovaskular.

7. Menghaluskan pencernaan
Susu kedelai diketahui mengandung banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat susu kedelai berasal dari konten isoflavon yang dikandungnya. Isoflavon, yang terkandung dalam susu kedelai, juga meningkatkan penyerapan usus dengan baik, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Baca Juga :