SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Mengasah Kepekaan Sosial Anak Lewat Permainan

Mengasah Kepekaan Sosial Anak Lewat Permainan
Mengasah Kepekaan Sosial Anak Lewat Permainan

Mengasah Kepekaan Sosial Anak Lewat Permainan

Usia dini adalahfase seorang anak mulai hendak sekali dan kritis dengan segala urusan yang terdapat di sekitarnya, yang pun menjadi titik tolak pembentukan jati diri anak. Menanamkan nilai-nilai dan segala urusan baik idealnya dilaksanakan ketika anak berada di umur ini, termasuk menajamkan kepekaan sosial anak.

Karena anak-anak di umur dini identik dengan bermain, maka teknik paling efektif untuk menajamkan kepekaan sosialnya merupakan lewat permainan. Berikut sejumlah di antaranya :

Bermain Peran

Permainan dilaksanakan secara berkelompok. Masing-masing membintangi tokoh dengan kekhasan tertentu, contohnya sebagai polisi, dokter, atau guru. Lewat permainan ini anak mengimitasi bagaimana peran-peran itu di masyarakat. Seorang polisi sebagai pengayom dan pelindung, dokter yang membantu orang sakit, serta guru yang mengajarkan tidak sedikit hal. Proses mengimitasi ini menajamkan kepekaan sosial anak bakal profesi-profesi yang terdapat di sekitarnya.

Permainan Petak Umpet

Pada permainan petak umpet, semakin tidak sedikit yang ikut bermain bakal semakin seru. Karena dilaksanakan oleh tidak sedikit orang, maka anak belajar berinteraksi dengan sebayanya. Anak pun diuji kemampuannya dalam berhitung, siapa yang kalah diwajibkan untuk menghitung sekitar pemain beda bersembunyi.

Kegiatan menggali ataupun sembunyi akan menajamkan kepekaan sosial anak. Si pencari mesti teliti dan peka meneliti setiap gerak-gerik pemain beda dan pandai menganalisa tempat-tempat yang dapat dijadikan guna bersembunyi. Sedangkan guna yang bersembunyi mesti peka terhadap lingkungan supaya mendapatkan lokasi yang susah untuk ditemukan namun pun tidak terlampau jauh dari teman-temannya.

Permainan Gobak Sodor

Pada permainan gobak sodor, pemain dipecah menjadi dua tim. Masing-masing kesebelasan bergiliran guna berjaga. Kekompakan sangat dibutuhkan untuk memenangkan permainan ini. Kepekaan sosial anak ditajamkan ketika mesti saling mengawal satu sama lain supaya tidak terpapar oleh kesebelasan lawan, pun saat ada rekan satu kesebelasan yang tidak cukup lincah berlari menghindari kejaran anggota kesebelasan lawan.

Permainan Cublak-cublak Suweng

Permainan cublak-cublak suweng dilaksanakan oleh 3 – 8 orang, satu orang mendapat bagian memprediksi atau menggali suweng yang disembunyikan pemain lain. Dari permainan ini anak belajar ketelitian, kerjasama dan kerukunan.

Permainan Boneka Kertas

Permainan boneka kertas barangkali sudah jarang dijumpai ketika ini. Permainan yang murah tetapi benar-benar menajamkan kepekaan sosial. Bisa dimainkan sendiri atau bersama sejumlah pemain lain. Setiap pemain menciptakan skenario kisah untuk boneka kertas yang dimilikinya. Sejak boneka tersebut bangun tidur sampai kembali tidur. Jika terdapat pemain beda maka seringkali diceritakan bahwa mereka bertetangga dan melakukan kegiatan layaknya bareng tetangga. Masing-masing mempunyai perabotan mini layaknya di lokasi tinggal sebenarnya.

Sumber : http://advisor.wmtransfer.com/SiteDetails.aspx?url=www.pelajaran.co.id/