SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Mengatasi Sindrom Anak Tengah pada Si Kecil

Mengatasi Sindrom Anak Tengah pada Si Kecil
Mengatasi Sindrom Anak Tengah pada Si Kecil

Mengatasi Sindrom Anak Tengah pada Si Kecil

Ada tidak sedikit sekali hal yang dinamakan sebagai penyebab kemunculan sindrom anak tengah. Karena mempunyai kakak dan adik, anak-anak tengah ini seringkali merasa tidak cukup disayangi dan diperhatikan. Karena sang kakak ialah yang kesatu dan adik ialah yang tersayang, mereka akan berjuang menarik perhatian kita dengan sekian banyak caranya. Akhirnya kenakalan-kenakalan dan penentangan pun muncul.

Lantas bagaimana metodenya menghadapi sindrom anak tengah ini? Bisakah ini dihilangkan? Simak sejumlah tips inilah ini!

Yakinkan Bahwa kita Menyayangi Ia dan Saudara-Saudaranya Sama Besar

Ketika anak Anda melakukan kesalahan, Anda butuh menekankan padanya bahwa hukuman yang ia terima tidak terdapat hubungannya dengan saudara-saudaranya. Jelaskan dalil di balik hukuman tersebut dan katakan bahwa kita masih peduli padanya seperti ketika sebelum adiknya lahir. Buat dia memahami posisinya sebagai seorang adik sekaligus kakak. Selalu sempatkan diri untuk memperhatikan semua keluh kesahnya sebab itu dapat membantu kita mengambil tahapan terbaik guna sindrom anak tengah yang sedang dihadapi si kecil.

Bantu Ia Menemukan Jati Dirinya

Karena anak kesatu sering dirasakan sebagai yang terbaik dan anak bungsu sebagai yang tersayang, anak tengah tidak jarang merasa kehilangan jati diri. Tak heran tidak sedikit orang yang merasakan sindrom anak tengah berjuang mencari perhatian dengan teknik ekstrem saat ia mulai remaja. Bisa dengan mewarnai rambut dengan warna terang hingga ikut band dengan aliran aneh.

Cara sangat tepat untuk menangkal hal semacam itu ialah dengan senantiasa menyerahkan perhatian padanya. Ketika ia merasa lumayan diperhatikan, ia tidak bakal mencari teknik untuk mengerjakan hal-hal mengherankan demi menciptakan Anda peduli padanya. Puji apa yang ia kerjakan dan dukunglah kegemaran positifnya. Ini akan menolong si kecil menghilangkan sindrom anak tengah yang ia alami.

Sediakan Waktu Khusus Untuknya

Saat jam santap malam, tanyakan padanya bagaimana harinya dan apa saja yang ia lakukan. Jika perlu, sediakan masa-masa khusus guna bicara dengannya. Buat jadwal harian atau mingguan di mana Anda dapat menghabiskan waktu eksklusif dengannya. Dengan begitu, ia bakal merasa sama pentingnya dengan saudara-saudaranya yang lain.

Hargai Setiap Pencapaiannya
Ketika anak kesatu telah pernah menempati peringkat kesatu di kelasnya, barangkali perasaan kita tak lagi sesenang tersebut ketika anak kedua mendapat pencapaian yang sama (apalagi pencapaian yang lebih rendah). Inilah yang kerap merangsang munculnya sindrom anak tengah sebab ia merasa usahanya tak lumayan membuat kita bangga padanya. Jadi, apa juga pencapaiannya pujilah dia seolah itu ialah kesatu kali kita mendengarnya.

Jangan Bandingkan Pencapaiannya dengan Kakaknya

Anak kesatu Anda barangkali pemegang juara kesatu lomba matematika. Anda pasti tahu masing-masing anak dianugerahi keterampilan yang berbeda-beda. Hindari membanding-bandingkan si anak tengah dengan kakaknya. Daripada menyuruhnya guna sehebat kakaknya dalam mata latihan matematika, tolong dia mengejar minat yang berbeda. Keunikan ini pun yang bakal membuatnya merasa istimewa dalam keluarga.

Lakukan Komunikasi Secara Terbuka

Sindrom anak tengah tidak melulu memicu pemberontakan. Ia juga dapat menjadi lebih pendiam sebab memilih guna menyembunyikan perasaannya. Jagalah komunikasi kita tetap tersingkap dengan si kecil. Minta ia mengungkapkan apa juga yang ia rasakan dengan mengatakan, “Ibu sedang mengurus sekolah kakakmu dan susu adikmu. Kalau terdapat yang anda butuhkan, bilang pada Ibu supaya Ibu tahu.”

Sumber : http://aidb.ru/?aion=highway&a=https://www.pelajaran.co.id/