SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Organ Dalam Sitem Pencernaan Manusia

Organ Dalam Sitem Pencernaan Manusia
Organ Dalam Sitem Pencernaan Manusia

Organ Dalam Sitem Pencernaan Manusia

Organ Dalam Sitem Pencernaan Manusia

Secara garis besar sistem pencernanan terbagi menjadi dua yaitu

Secara garis besar sistem pencernanan terbagi menjadi dua yaitu saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan. Saluran pencernanan merupakan saluran kontinyu yang berupa tabung dan dikelilingi otot. Selauran pencernaan mencerna, memecah, serta menyerap makanan. Oragan yang termasuk saluran pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Sedangkan pada organ penceernaan tambahan merupakan pelengkap atau aksesori untuk menunjang kinerja saluran pencernanan seperti lidah, gigi, kantung empedu, kelenjar ludah, kelenjar hati, dan pankreas. Pada manusia terdapat 6 organ utama dalam istem pencernanannya yang meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan yang terakhir anus.

2.1 Mulut
Mulut adalah sebagai pintu gerbang makanan masuk kedalam tubuh kita. Didalam mulut terdapat gigi, lidah, kelenjar lidah, dan rongga mulut. Pada mulut terjadi beberapa porses pencernaan baik secara mekanik maupun kimiawi. Pencernaan secara mekanik pada mulut dilakukan dengan bantuan lidah dan gigi. Sedangkan pencernaan kimiawi dibantu dengan kelenjar ludah yang menegluarkan enzim ptialin.

Sistem Pencernaan Pada Manusia Fungsi Dan Gangguanya

2.2 Kerongkongan
Kerongkongan merupakan jembatan penghubung antara mulut dan lambung. Nama laian kerongkongan adalah esofagus. Bentuk kerongkongan adalah tabuh yang dikelilingi otot. Fungsi utama esofagus adalah mendorong makanan dari mulut menuju ke lambung dengan cara gerakan peristaltik.

Sistem Pencernaan Pada Manusia Fungsi Dan Gangguanya

2.3 Lambung
Lambung merupakan organ pencernaan dengan fungsi mencerna berbagai zat-zat yang terkandung dalam makanan. Lambung terletak dibawah rongga dada atau tepat di bawah sekat diafragma. Pada organ lambung ini terjadi pencernaan secara kimiawai yang melibatkan enzim pepsin, renin, lipase, serat asam lambung (HCl). Untuk lebih jelasnya berikut gambar lambung beserta bagian-bagianya :

Sumber : https://dosen.co.id/