SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Pendidikan Harus Jadi Prioritas Bersama

Pendidikan Harus Jadi Prioritas Bersama
Pendidikan Harus Jadi Prioritas Bersama

Pendidikan Harus Jadi Prioritas Bersama

Pendidikan Harus Jadi Prioritas Bersama

Pendidikan Harus Jadi Prioritas Bersama

Berbicara tentang pendidikan memang tidak akan pernah habis dan selalau memacu setiap orang

untuk berargumen. Betapa pentingnya pendidikan demi mendapatkan ilmu. Bahkan sejak beberapa abad yang lalu Allah SWT. telah menurunkan informasi tentang keutamaan ilmu yaitu pada firman-Nya dalam Al-Quran Suarah Al-Mujadillah ayat 11, yang artinya Allah mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.

Mengingat betapa pentingnya kedudukan ilmu dalam kehidupan manusia, maka sudah selayaknya kita semua memprioritaskan proses dalam pemperoleh ilmu, yaitu dunia pendidikan. Tentunya setiap negara pasti telah memrogramkan sistem pendidikan beserta anggaran dengan sebaik mungkin. Namun di lapangan, terutama di Indonesia masih menjadi tantangan kita bersama, karena masih banyak hasil pendidikan yang belum sesuai dengan harapan.

Beberapa contoh kasus yang menyatakan bahwa pendidikan masih harus terus berbenah

diantaranya masih banyak peserta didik bahkan yang sudah menyelesaikan pendidikan sekalipun masih belum mampu menunjukkan sikap dan perilaku selayaknya orang yang pernah mengenyam pendidikan. Bahkan banyak dari mereka yang belum menguasai ilmu yang telah mereka pelajari. Keadaan ini menimbulkan tanda tanya kita bersama tentang hasil pendidikan yang telah mereka lalui selama ini. Tentunya hal ini sangat disayangkan karena mereka telah menghabiskan banyak tenaga, materi, bahkan waktu bertahun-tahun namun ilmu yang mereka pelajari di bangku pendidikan tidak berbekas. Meninjau hasil capaian pendidikan saat ini masih banyak yang memprihatinkan. Maka kita semua harus berbenah dengan cepat supaya proses pendidikan yang sudah berjalan tidak berlangsung sia-sia, serta mereka yang melakoni proses pendidikan mendapatkan hasil maksimal.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan demi membenahi pendidikan yang belum maksimal diantaranya; pertama, dari lembaga pendidikan itu sendiri. Pihak sekolah harus benar-benar membuat rancangan peraturan sekolah yang terukur sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah serta peserta didik di daerah masing-masing.

Peraturan ini tentunya harus disosialisasikan kepada orang tua siswa, supaya mereka juga bisa

ambil peran dalam mendidik anak terutama di rumah dalam rangka mengondisikan siswa agar taat pada peraturan sekolah.
Khususnya peraturan sekolah yang berkaitan sanksi, benar-benar harus dipahami dan disepakati oleh orang tua dan guru.

Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah guru dalam mengemban tugas, yaitu menjadi salah satu pedoman guru dalam bertindak. Dengan harapan tidak ada orang tua yang tidak terima, bahkan sampai mendatangi guru hanya gara-gara anaknya dinasihati atau diberi sanksi karena salah. Jika hal ini tidak dibahas secara jelas, dikhawatirkan akan berdampak pada cara guru dalam mendidik. Jangan sampai guru terbebani dalam mengambil sikap bahkan tidak mau ambil resiko dengan cara cari aman saja, seperti hanya mendiamkan siswa yang salah supaya tidak ada komplain dari orang tua siswa. Seorang guru tentunya akan lebih nyaman jika bisa mendidik siswanya sama seperti mendidik anaknya sendiri. Tentunya dalam proses tersebut akan menemukan berbagai situasi, ada saatnya harus memberi pujian, memotivasi, menasihati, bahkan memberikan sanksi jika melanggar.

 

Sumber :

https://obatsipilisampuh.id/