SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Informasi mengenai dengan banyak segi di dalam kehidupan terhitung keterkaitannya dengan berbagai tekun ilmu. supaya definisi yang tepat harus dipahami. Berikut ini tersedia lebih dari satu pengertian Info menurut para ahli.

Bodnar dan Hopwood (2004) mendefinisikan Info sebagai suatu data yang diorganisasikan yang sanggup mendukung ketepatan pengambilan keputusan.

Dalam pengertian yang lain, Info adalah data yang sudah diolah jadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan faedah bagi manusia (Husein, 2004)

Menurut pendapat Anthony, pengertian Info adalah data yang diolah jadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarati bagi yang menerimanya dan menggambarkan suatu kejadian-kejadian, kesatuan nyata yang digunakan di dalam mengambil ketentuan (Dewi, 2004)
Pengertian Informasi Menurut Para AhliSelanjutnya, suatu Info berkualitas ditentukan oleh tiga karakteristiknya (Jogiyanto, 2001) yakni :
Akurat (accurate), bararti Info harus bebas berasal dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat bermakna Info harus mengerti dan mencerminkan maksudnya.
Tepat terhadap waktunya (time lines), bermakna Info yang bakal singgah terhadap penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak bakal punyai nilai lagi.
Relevan (relevance), bermakna Info selanjutnya punyai faedah untuk pemakainya.
Winarno (2006) mengidentifikasikan pengertian Info sebagai segala data yang sudah diolah supaya berguna untuk pembuatan keputusan. Selain itu, Winarno menguraikan 8 karakteristik Info yang baik, yaitu:
Akurat; Menggambarkan suasana objek yang sesungguhnya.
Tepat waktu; Informasi harus tersedia sebelum akan ketentuan dibuat dikarenakan seringkali Info tidak diperlukan lagi sehabis ketentuan dibuat.
Lengkap; Informasi harus termasuk seluruh yang diperlukan oleh pembuat keputusan. Lengkap tidak bermakna menambahkan seluruh informasi.
Relevan; Informasi harus berhubungan dengan ketentuan yang bakal diambil.
Terpercaya; Isi berasal dari Info selanjutnya harus sanggup dipercaya (reliable).
Terverifikasi; Informasi harus sanggup dilacak ke sumber aslinya (verifiable).
Mudah dipahami; Informasi harus gampang dipahami oleh pembacanya.
Mudah diperoleh; Informasi yang sukar diperoleh sanggup tidak digunakan.

Demikian uraian singkat berkenaan pengertian Info menurut para pakar beserta karakteristik Info yang berkualitas. Sekalipun Info memadai beragam, tetapi Info yang tidak mencukupi karakteristik selanjutnya di atas pasti tidak sanggup dikatakan sebagai Info yang berkualitas.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga :