SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Pengertian IP Address Adalah dan Kelas IP Address

Pengertian IP Address Adalah dan Kelas IP Address
Pengertian IP Address Adalah dan Kelas IP Address

Alamat IP adalah Kelas dan Alamat IP

Alamat IP adalah alamat di komputer sehingga komputer dapat terhubung ke komputer lain, Alamat IP terdiri dari 4 Blok, masing-masing Blok diisi dengan angka 0 – 255.

Contoh : Alamat IP seperti 192.168.100.1, 10.57.38.223, ini adalah IPv4.

Alamat IP Memiliki 2 bagian, yaitu Network ID dan Host ID, misalnya 192.168.100.1, secara default ID Net adalah 192.168.100 dan Host ID adalah 1, sehingga komputer dapat terhubung satu sama lain, IP yang digunakan oleh Net ID harus sama, dan ID host harus berbeda.

Agar mudah dipahami, Net ID adalah nama jalan dan Host ID adalah nomor rumah, jadi Jln. Diponegoro No. 3, jika nama jalan beberapa orang sama, maka nomor rumah mereka mungkin tidak sama.

Kelas Alamat IP

CLASS A, di kelas A 8 bit pertama adalah Id jaringan, dan 24 bit berikutnya adalah id host, kelas A memiliki Id jaringan dari 0 hingga 127.

CLASS B, di kelas B 16 bit pertama adalah ID jaringan, dan 16 bit berikutnya adalah ID host, kelas B memiliki id jaringan 128-191

CLASS C, di kelas C 24 bit pertama adalah Id jaringan, dan 8 bit berikutnya dihosting Id, kelas C memiliki id jaringan dari 192 hingga 223

CLASS D, kelas D IP digunakan untuk multicasting, yang merupakan penggunaan aplikasi bersama oleh beberapa komputer, dan IP yang dapat digunakan adalah 224.0.0.0 – 239.255.255.255

CLASS E, memiliki kisaran 240.0.0.0 – 254.255.255.255, IP ini digunakan untuk eksperimen yang disiapkan untuk penggunaan alamat IP di masa mendatang.

pengertian ip address

Fungsi Alamat IP

Setelah memahami definisi dan cara kerja Alamat IP, Anda juga perlu mengetahui fungsi utamanya. Ada 2 fungsi khusus mengapa Anda harus menggunakan Alamat IP pada sistem jaringan komputer yaitu sebagai alat identifikasi host dan sebagai alamat lokasi jaringan pada setiap komputer. Detailnya akan dijelaskan di bawah ini:

1. Alamat IP sebagai alat identifikasi host

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, jika komputer disamakan dengan manusia, Alamat IP akan digunakan sebagai nama atau identitas, terutama dalam semua kegiatan yang berhubungan dengan jaringan. Dalam sistem jaringan komputer dikenal sebagai host dan penggunaan Alamat IP dimaksudkan untuk mengidentifikasi masing-masing host. Tentu saja seharusnya tidak ada host yang memiliki Alamat IP yang sama.

2. Alamat IP sebagai alamat lokasi jaringan

Selain sebagai identifikasi host, penggunaan Alamat IP juga dimaksudkan sebagai alamat lokasi jaringan. Intinya penamaan Alamat IP dapat memberikan informasi dari negara tempat komputer atau host yang dimaksud. Fungsi ini biasanya dijalankan pada aktivitas menggunakan internet karena dengan data Alamat IP dapat sampai di komputer yang tepat. Untuk memeriksa Alamat IP bisa melalui pengaturan jaringan atau menggunakan browser web.

Kelas pada alamat IP

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa IP Address terdiri dari dua versi yaitu IPv4 dan IPv6. Tetapi Anda harus tahu bahwa dalam versi IPv4 hanya tersedia setidaknya kapasitas sekitar 4.294.967.296 host di seluruh dunia.

Dengan jumlah yang sangat besar seperti itu, tentu akan sulit dalam hal pemilihan dan penggunaan. Oleh karena itu perlu untuk mengklasifikasikan Alamat IP menjadi beberapa kelas.

Pada dasarnya Alamat IP terdiri dari 4 oktet, misalnya 192.168.1.2, di mana 192 adalah oktet pertama, 168 oktet kedua dan seterusnya. Nilai 1 oktet adalah maksimum 255. Untuk mengklasifikasikan alamat IP yang banyak, 5 kelas terbentuk dan terdiri dari kelas A ke kelas E (kelas D dan E sangat jarang digunakan).

Sumber : Https://www.videomax.co/