SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Penggantian gula pasir menjadi stevia

Penggantian gula pasir menjadi stevia
Penggantian gula pasir menjadi stevia

Penggantian gula pasir menjadi stevia

Stevia adalah pemanis dan pengganti gula yang diekstrak dari daun tanaman Stevia dan Rebaudiana. Stevia terasa manis berkat kandungan steviol glikosidnya. Senyawa ini membuat Stevia merasa 250 hingga 300 kali lebih manis daripada sukrosa atau gula biasa.

Karena rasanya jauh lebih manis, Stevia tidak perlu banyak digunakan sebagai pemanis untuk makanan dan minuman. Misalnya, jika Anda terbiasa menambahkan 2 sendok teh gula sebagai pemanis kopi atau teh, Anda dapat menggunakan Stevia untuk mendapatkan rasa manis menggunakan 1 sendok teh.

Jauh lebih manis dari gula biasa, Stevia tidak mengandung kalori. Meskipun biasanya berasal dari bahan makanan lain yang dicampur ke dalamnya. Sebagai perbandingan, satu sendok teh gula normal (sekitar 40 gram) memiliki 16 kalori dan 4 gram karbohidrat, sedangkan 1 sendok teh Stevia hanya memiliki 0 kalori dan 1 gram karbohidrat.

Keuntungan Stevia untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa kemungkinan keuntungan Stevia yang dapat kita ambil:

Bagus untuk diabetes
Selain tidak termasuk karbohidrat dan kalori, stevia juga dapat meningkatkan kinerja tubuh saat mengobati glukosa (gula darah) dengan meningkatkan produksi insulin.

Dilaporkan bahwa kadar glukosa darah pasien postprandial pasien diabetes menurun ketika stevia dicerna. Beberapa penelitian lain menyatakan bahwa mengganti gula biasa dengan stevia dapat mengurangi risiko diabetes.
Ini membantu mengurangi berat badan

Stevia tidak mengandung kalori, jadi mengganti asupan gula dengan stevia akan mengurangi total asupan kalori per hari. Metode ini akan membantu menjaga atau mengurangi berat badan asalkan Anda tidak makan terlalu banyak.
Tekanan darah rendah

Zat dalam ekstrak stevia dapat menurunkan tekanan darah secara teratur. Namun, penelitian untuk membuktikan keunggulan ini belum menunjukkan hasil yang konsisten.

Mencegah risiko penyakit ginjal

Kebiasaan makan makanan yang terlalu manis dapat meningkatkan risiko diabetes dan hipertensi. Kedua penyakit ini bisa memicu penyakit ginjal.

Menurut sebuah studi Stevia membantu mencegah diabetes dan hipertensi dan dianggap efektif dalam mengurangi risiko penyakit ginjal. Bahkan penelitian ini menyatakan Stevia adalah pengganti manis yang lebih baik untuk orang dengan gagal ginjal.

Sejauh ini Stevia terbukti aman untuk dikonsumsi. Namun, jumlah gula dan kalori yang dikonsumsi tidak berlebihan, karena Anda masih perlu memperhatikan asupan makanan dan minuman harian Anda.

Perlu diingat, mengonsumsi makanan bebas gula tidak berarti Anda tidak memiliki kalori. Kalori bisa didapat dari bahan lain dari makanan dan minuman ini. Selain itu, tidak cukup hanya mengandalkan Stevia tanpa menjalani gaya hidup sehat.

baca juga :