SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Peran Self Management Dalam Pendidikan Karakter

Peran Self Management Dalam Pendidikan Karakter
Peran Self Management Dalam Pendidikan Karakter

Peran Self Management Dalam Pendidikan Karakter – Berdasarkan keterangan dari mahoney dan thoresen (1992) self managent adalahsesuatu yang berkaitan dengan kesadaran dan kemampuan untuk mengatur suasana sekitarnya yang memprovokasi suatu individu.

Dalam sekian banyak keadaan self management perlu anda kuasai, tidak melulu itu penerapannya untuk anak pun harus di mulai semenjak dini supaya nantinya sang anak dapat mengerjakan segala aktivitasnya dengan teratur.

Tapi sebelum tersebut kita kerjakan kita mesti menyimak konsep self management yaitu:

1) Proses pengubahan tingkah laku dengan satu atau lebih strategi melewati pengelolaan tingkah laku internal dan eksternal individu.

2) Penerimaan pribadi terhadap program evolusi perilaku menjadi kriteria yang fundamental untuk menumbuhkan semangat individu.

3) Partisipasi pribadi guna menjadi agen evolusi menjadi urusan yang paling penting.

4) Generalisasi dan tetap menjaga hasil akhir dengan jalan mendorong pribadi guna menerima tanggung jawab menjalankan strategi dalam kehidupan sehari-hari.

5) Perubahan dapat dihadirkan dengan mengajarkan untuk pribadi menggunakan ketrampilan menangani masalah.

Contoh sifat yang perlu anda kembangkan dalam self management ialah tanggung jawab dan kedisiplinan. Wulandari (2013:9) menyatakan bahwa: Tanggung jawab adalahsalah satu nilai dalam edukasi berkarakter. Dengan tanggung jawab seseorang mampu beraksi tepat, tidak tergantung dan mempunyai kepekaan terhadap orang lain.

Rasa tanggung jawab yang rendah menyebabkan seseorang akan beraksi ceroboh, tidak berani memungut resiko, dan tidak memiliki keberanian mental sampai-sampai menghambat keberhasilan murid dalam menjangkau kesuksesan.

Misalnya masing-masing siswa di sekolah tentunya sudah diberi krayon oleh gurunya dan sebagai guru anda harus menyatakan dan membiasakan untuk mereka supaya menjaga dan mengasuh krayon tersebut dengan baik, mereka diajar dan dilazimi untuk mengatur kembali krayon yang sudah berlalu digunakan supaya warnanya tetap menyeluruh dan tidak hilang.

Self management juga dapat meningkatkan prestasi murid dalam belajar, contohnya dengan siswa memiliki management masa-masa yang baik. Berdasarkan keterangan dari fajar husaen (2016) Manajemen waktu ialah pengaturan pekerjaan yang dilaksanakan dengan pemanfaatan masa-masa sebaik barangkali supaya maksud dari pekerjaan tersebut dapat terjangkau dengan baik dan dapat selesai tepat pada waktunya.

segala format upaya dan perbuatan seseorang yang dilaksanakan secara terencana supaya individu bisa memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya.

Contohnya anak-anak di desa dilazimi oleh kedua orang tuanya guna sinau (les) dan mengaji, setelah kembali sekolah seringkali anak dilazimi untuk sinau ke lokasi tinggal seorang guru guna belajar mencatat dan membaca, lantas setelah sinau anak seringkali bermain dengan teman-temannya, lantas sore harinya anak dibiaskan pergi ke TPQ guna belajar mengaji.

Dan pekerjaan tersebut terus di ulang-ulang hingga anak terbiasa sehingga bila sudah terbiasa anak bakal hafal dengan pekerjaan yang bakal dia kerjakan setiap harinya tanpa anda suruh.

Dalam membudayakan dan menyusun self management lagi-lagi peran orang tua dan guru mesti sebanding dan dua-duanya harus saling bekerja sama supaya anak bisa berkembang dengan baik dan self management adalah komponen urgen dalam edukasi karakter anak.

Sumber: PELAJARAN.ID