SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Resep Bola Bola Susu Alternatif Jajanan Permen Anak

Resep Bola Bola Susu Alternatif Jajanan Permen Anak
Resep Bola Bola Susu Alternatif Jajanan Permen Anak

Resep Bola Bola Susu Alternatif Jajanan Permen Anak

Enak dan praktis, resep bola bola susu aneka warna warni pelangi kian populer menjadi ide usaha kreatif untuk jualan maupun titip di warung sebagai variasi jajanan sehat untuk camilan anak. Dengan cara ditaburi gula halus atau gula donat membuat bola-bola susu (bosu) lebih menarik. Rasa yang manis gurih dan creamy ibarat ngemut permen susu, namun walau sepintas padat dan keras tapi mudah dan kenyal empuk ketika dikunyah, karena terbuat dari bahan sederhana dari campuran susu bubuk (milk powder) dan susu kental manis dengan tepung kanji/aci maupun sagu.

Terkadang anak-anak doyan ngemil susu bubuk tanpa diseduh, nah membuat sendiri di rumah permen bola-bola susu atau lebih modernnya candy milk balls ini bisa menjadi alternatif, karena memang cukup simple namun sangat disukai anak-anak, bahkan mereka pun antusias membantu membulatkan adonan menjadi sebesar kelereng hingga ada yang sebesar bola pingpong.

Tips memasukkan ke dalam kulkas baik di freezer dulu sebentar maupun cukup disimpan dalam kulkas rak bawah bertujuan agar teksturnya menjadi padat serta dapat tahan lebih lama. Apabila untuk dijual selanjutnya bisa dikemas sesuai selera, bisa dibungkus plastik, dialasi kertas kue kecil maupun ditata di dalam toples.

Persiapan Bahan Adonan Bola Susu

250 gram tepung tapioka/kanji (sagu tani)
200 gram susu kental manis putih
3 sachet (@ 27 gram) susu bubuk
30 ml air panas
3 lembar daun pandan (potong-potong 10 cm)
1 sachet (1 sdt) vanili bubuk
Pasta atau pewarna makanan sesuai selera (merah, kuning, hijau dan ungu)
Gula halus untuk taburan secukupnya
Cara Membuat Bola Bola Susu
Bahan Bola Bola Susu
Setelah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan di atas, tahapan pertama cara membuat bola-bola susu adalah sangrai (goreng tanpa minyak) tepung bersama daun pandan. Aduk terus hingga terasa ringan serta daun pandan menjadi kering, kemudian biarkan sesaat hingga hangat lalu buang daun pandannya.
Adonan Bola Bola Susu
Dalam sebuah wadah, campur dan aduk rata tepung sangrai dengan susu bubuk. Berikutnya tuang susu kental manis sambil diuleni dengan tangan hingga kalis. Terakhir masukkan air karena memang adonan bola susu masih belum kalis.
Cara Membuat Bola Bola Susu
Setelah adonan kalis, bagi adonan menjadi empat bagian atau sesuai selera, masing-masing diberi pewarna lalu uleni lagi hingga rata. Bentuk menjadi bulat-bulat kecil, taburkan atau gulingkan pada gula halus. Sebelum disantap, bola-bola susu lebih baik masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan sebentar dalam kulkas agar teksturnya menjadi lebih padat serta berwarna-warni setelah gula halusnya menyerap.

Recent Posts