SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Resmi Dikukuhkan, AYPI Gelar Seminar Pendidikan Islam

Resmi Dikukuhkan, AYPI Gelar Seminar Pendidikan Islam
Resmi Dikukuhkan, AYPI Gelar Seminar Pendidikan Islam

Resmi Dikukuhkan, AYPI Gelar Seminar Pendidikan Islam

Resmi Dikukuhkan, AYPI Gelar Seminar Pendidikan Islam

Resmi Dikukuhkan, AYPI Gelar Seminar Pendidikan Islam

Pengurus Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) -sebuah perkumpulan lembaga-lembaga yang bernaung di bawah yayasan pendidikan Islam- dikukuhkan di Bogor, Sabtu (4/5). Pengurus AYPI periode 2019-2024 itu dinakhodai H Mirdas Eka Yora. Sehari-hari ia bertindak sebagai ketua Yayasan Fajar Hidayah Kota Wisata, Bogor.

AYPI yang baru dibentuk pada 4 April 2019 itu menggelar seminar pendidikan Islam bertajuk

‘Strategi Pendidikan Islam untuk Generasi Indonesia Emas’. Seminar itu menampilkan dua narasumber, yakni Direktur Indonesia Emas Institute Zulfikri Anas dan Direktur Attaqwa College Adian Husaini. Setelah itu dilanjutkan rapat pleno pertama untuk membahas strategi dan bentuk kegiatan selanjutnya. Hadir dalam acara yang dimulai pukul 09:00 WIB itu, ketua yayasan pendidikan Islam yang tergabung dalam AYPI dari Jabodetabek, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat; direksi, kepala sekolah dan guru serta masyarakat umum. Hadir pula delegasi dari Malaysia dan Filiphina.

Ketua AYPI, Mirdas Eka Yora, mengatakan, dengan hadirnya AYPI banyak yang bisa dilakukan

dengan berkolaborasi dan sinergi antaryayasan pendidikan Islam. Belum ada baik di tingkat nasional maupun internasional sebuah asosiasi yang menghimpun tenaga dan potensi yang begitu luas yang bernaung di bawah yayasan pendidikan Islam. ”Ide ini lahir dari pendiri AYPI.

Mereka mencetuskan langkah bagaimana sesegera mungkin kita mengambil posisi dalam perkembangan baik di Indonesia atau negara sahabat. Jangan sampai kita lembaga pendidikan Islam menjadi peserta pelengkap penderita atau peserta pelengkap. Jadi tidak bisa menentukan sikap, arah, warna, kebijakan dan kerja sama yang konkret dengan pemerintah. Kalaupun ada sifatnya parsial dan pencapaiannya terbatas dan tidak bisa menjadi kebijakan terhadap nasional apalagi global,’’ jelasnya.

Ke depan, Mirdas berharap AYPI memiliki peran yang jelas dan bisa menentukan arah

pendidikan nasional dan global. Apalagi di forum global. ‘’Pada forum global, negara Islam sepertinya sampiran saja. Seolah kita ini minoritas di dunia, padahal saat ini kita populasi terbesar di tingkat global tapi peran itu seperti tidak terlihat,’’ ujarnya. Kedua, langkah konkret yang bisa dilakukan AYPI dengan cepat akan melakukan pemetaan dalam rapat pleno para ketua yayasan, pembina untuk merumuskan langkah strategis bersama yang akan bisa segera dilakukan.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SXK9P25