SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Sistem Sosial Budaya Indonesia Menurut Para Ahli Budaya

Sistem Sosial Budaya Indonesia Menurut Para Ahli Budaya
Sistem Sosial Budaya Indonesia Menurut Para Ahli Budaya

Sistem Sosial Budaya Indonesia Menurut Para Ahli Budaya – Menurut para pakar budaya, definisi sistem sosiokultural Indonesia adalah kombinasi nilai-nilai, kode etik, tatanan sosial, dan Indonesia harus mampu menerapkan gaya hidup manusia dan filosofi Panchasila dari semua segmen masyarakat bangsa.

Dan negara. dan prinsip-prinsip dasar yang memiliki model aksi, fungsi berfikir dan struktural, serta budaya sistem sosial Indonesia, yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan nilai-nilai Pankasil dan UUD 1945, transformasi dan pengembangan sistem budaya harus terus memiliki kepribadian sosial budaya di Indonesia.

Sistem Sosial Budaya Indonesia

Pada dasarnya, masyarakat Indonesia adalah organisasi yang lahir jauh sebelum kelahiran komunitas Indonesia (resmi). Kehadiran sumpah di antara kaum muda adalah bukti nyata. Acara ini adalah perjanjian nasional yang dapat mengimplementasikan atau menyampaikan informasi kepada Indonesia tentang Unity in Diversity.

Konsensus berarti perjanjian atau kontrak yang memiliki sifat umum nilai-nilai, norma dan aturan dalam mendefinisikan tujuan dan upaya untuk mencapai peran yang telah dipenuhi, serta keuntungan tertentu dalam sistem sosial. Model kesepakatan atau model integrasi yang menekankan norma dan legitimasi elemen, memiliki dasar masyarakat, adalah sebagai berikut:

  1. Orang yang memiliki struktur mapan dan abadi
  2. Setiap orang dari komunitas memiliki fungsinya masing-masing dalam kelangsungan masyarakat sebagai sistem dari semua tujuan
  3. Elemen masyarakat yang terintegrasi dan seimbang
  4. Kelanjutan komunitas atas dasar kerja sama dan kesepakatan akan saling menghormati.

Berpikir, Pola Aksi dan Fungsi Sistem Sosial-Budaya Indonesia

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat majemuk yang menyebar ke seluruh negeri (di tanah air) dan memiliki budaya yang beragam. sehingga menciptakan berbagai institusi sosial. Lembaga adalah konsep sosiologis yang digunakan, meskipun memiliki selera berbeda:

  • Digunakan untuk merujuk pada badan, seperti perguruan tinggi dan asosiasi.
  • Organisasi tertentu atau juga memanggil sejumlah lembaga, seperti penjara atau rumah sakit
  • Model perilaku yang telah menjadi model hubungan sosial atau umum yang memiliki tujuan sosial tertentu.

Bronislav percaya bahwa lembaga sosial adalah konsep dasar untuk memahami masyarakat di mana masing-masing lembaga saling berhubungan dan masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Koentjaraningrat berpendapat bahwa institusi menyangkut perilaku terpola orang dalam suatu budaya yang terdiri dari orang, yaitu:

  • Perilaku Vuyud
  • Uuid idil
  • Budaya fisik

Rencana Aksi untuk Sistem Sosial-Budaya Indonesia

  • Saling bekerja sama = Persatuan diwujudkan hanya melalui kerja sama, persatuan dan toleransi, baik dalam kesedihan dan cinta, kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Pertama-tama = Keadilan sosial untuk seluruh masyarakat tidak akan tercapai jika hidup itu sederhana, hemat, hati-hati, disiplin, profesional dan ketertiban tidak terpenuhi.
  • Diskusi dan konsensus = Prioritas kepentingan publik di atas kepentingan kelompok atau individu yang tidak dapat melihat perbedaan tidak berakhir dengan perpecahan atau perpecahan dan konflik.
  • ksatria = Persatuan dan keadilan sosial tidak dapat diwujudkan tanpa keberanian, kejujuran, kesetiaan, dedikasi dan perjuangan, yang tidak tahu, menyerah untuk hidup bersama.

Fungsi sistem sosial budaya Indonesia

  • Di keluarga = Keluarga manusia adalah taman bermain. Keluarga itu alami, berorganisasi, dan penuh cinta.
  • Dalam masyarakat = Organisasi laki-laki adalah tanah sosial sosial personalia, seperti keluarga artifisial, kolaborasi artifisial yang penuh dengan minat berbeda.
  • Di Negara dan Negara = Dalam kehidupan suatu bangsa, organisasi dan pemerintah harus mengutamakan kepentingan publik.

Baca Juga :