SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Tanya Jawab Penyakit Flu Babi Bagian

Tanya Jawab Penyakit Flu Babi Bagian
Tanya Jawab Penyakit Flu Babi Bagian

Tanya Jawab Penyakit Flu Babi BagianTanya Jawab Penyakit Flu Babi Bagian

Bagaimana cara mendiagnosis flu babi ?

Untuk mendiagnosis infeksi flu babi tipe A, specimen respirasi perlu dikumpulkan 4 hingga 5 hari pada masa sakit (saat dimana penderita paling mungkin untuk menyebarkan virus). Namun pada beberapa orang, utamanya anak-anak, cenderung untuk menyebarkan virus hingga 7 hari lebih lama. Untuk identifikasi virus influenza babi tipe A perlu pengiriman spesimen ke CDC untuk tes laboratorium.

Obat apa yang tersedia untuk terapi flu babi pada manusia ?

Ada 4 macam obat antivirus berbeda yang diizinkan di Amerika Serikat untuk terapi flu babi: amantadine, rimantadine, oseltamivir dan zanamivir. Umumnya virus flu babi rentan terhadap ke empat obat tersebut, sedangkan virus H1N1 resisten (tidak mempan) pada terapi amantadine dan rimantadine.

Tanya Jawab Penyakit Flu Babi Bagian 2

Adakah contoh lain dari penularan flu babi ?

tyle=”text-align: justify;”>Mungkin yang paling terkenal yaitu perjangkitan flu babi pada sekumpulan tentara di Fort Dix, New Jersey tahun 1976. Virus ini menyebabkan penyakit dengan tanda pneumonia pada pemeriksaan x-ray pada setidaknya 4 orang tentara, dan satu di antaranya meninggal; semua pasien pada awalnya sehat. Virus tersebut ditularkan melalui kontak jarak dekat pada saat Pelatihan Dasar, dengan penularan yang lebih sedikit pada kelompok di luar Pelatihan Dasar. Virus tersebut diduga bercokol hingga sebulan dan kemudian menghilang.

Sumber virus, waktu pasti dimulainya penularan ke Fort Dix, dan faktor yang menghambat penularan dan durasinya tidak diketahui. Penularan yang terjadi di Fort Dix mungkin diakibatkan oleh virus binatang yang kemudian menular ke populasi manusia pada kontak jarak dekat dalam fasilitas yang penuh sesak di musim dingin. Virus flu babi tipe A yang didapatkan dari tentara Fort Dix kemudian dinamakan A/New Jersey/76(Hsw1N1).

Bagaimana cara virus flu babi menyebar pada populasi babi ?

Virus flu babi diduga menyebar utamanya lewat kontak jarak dekat antar babi dan mungkin juga dari objek yang terkontaminasi, dari babi yang terinfeksi ke babi lainnya. Kumpulan babi dengan infeksi flu babi kontinyu dan kumpulan babi yang divaksinasi kemungkinan mengalami penyakit flu babi sporadik, atau memperlihatkan gejala sedang, atau bahkan tanpa gejala sama sekali.

Apa tanda babi yang sudah terinfeksi?

Tanda pada babi yaitu demam tiba-tiba, depresi, sering menyalak, cairan keluar dari hidung, bersin, gangguan bernapas, mata merah dan menjauhi makanan.

Seberapa sering flu babi terjadi pada babi ?

Virus flu babi H1N1 dan H3N2 merupakan endemik pada populasi babi di Amerika Serikat dan sudah biasa ditangani di kalangan industri ternak babi di sana. Penularan flu pada populasi babi cenderung terjadi pada cuaca dingin dan kadang-kadang pada saat penggabungan babi yang baru datang ke kelompok babi yang rentan. Penelitian menunjukkan bahwa virus H1N1 bisa terjadi pada populasi babi di seluruh dunia, dengan 25% menunjukkan bukti berupa adanya antibodi. Di Amerika Serikat, penelitian menunjukkan 30% dari populasi babi mempunyai antibodi sebagi bukti mereka pernah terjangkit virus H1N1. Infeksi manusia oleh virus H1N1 jarang terjadi. Saat ini belum ada cara untuk membedakan antibodi yang muncul akibat vaksinasi flu babi dengan antibodi yang muncul akibat infeksi virus flu babi H1N1 yang sesungguhnya.

H1N1 telah diketahui beredar pada populasi babi sejak 1930, sedangkan virus flu babi H3N2 baru mulai diketahui beredar sejak 1998. Virus H3N2 awalnya masuk ke populasi babi dari manusia. Virus H3N2 sekarang, berhubungan erat dengan virus H3N2 yang ada pada manusia.

Apakah ada vaksinasi untuk flu babi ?

Vaksin tersedia untuk babi dalam rangka untuk pencegahan, namun tidak ada vaksin untuk melindungi manusia dari flu babi. Vaksin flu musiman cenderung membantu memberikan perlindungan parsial melawan virus flu babi H3N2, namun tidak untuk virus H1N1.

 

Recent Posts