SuryaMasRental.Co.ID

Situs Teknologi Otomotif dan Mekanik Terupdate Paling Lengkap Di Dunia

Unit Arsip IPB Lakukan Sharing Knowledge di Unhas dan UIM

Unit Arsip IPB Lakukan Sharing Knowledge di Unhas dan UIM
Unit Arsip IPB Lakukan Sharing Knowledge di Unhas dan UIM

Unit Arsip IPB Lakukan Sharing Knowledge di Unhas dan UIM

Unit Arsip IPB Lakukan Sharing Knowledge di Unhas dan UIM

Unit Arsip IPB Lakukan Sharing Knowledge di Unhas dan UIM

Pengelolaan arsip secara baik atau tertib arsip merupakan salah satu pendukung terciptanya good corporate governance. Proses manajemen organisasi di suatu instansi akan berlangsung lancar karena dukungan tertib arsip sebagai solusinya.

Dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan serta upaya terwujudnya tertib arsip di lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB), Unit Arsip IPB melaksanakan sharing session kearsipan bersama Universitas Hasanudin (Unhas) dan Universitas Islam Makassar (UIM) di Makassar pada tanggal 1 dan 5 Oktober 2018.

Kegiatan ini bertujuan saling menambah wawasan tentang kearsipan diantaranya terkait strategi-strategi peningkatan pengelolaan kearsipan, upaya-upaya pemecahan masalah kearsipan, penerapan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), Penerapan dan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), dan hal lainnya terkait kearsipan.

Sharing session kearsipan di Unhas dilaksanakan Tim Unit Arsip IPB bersama Rektor Unhas dan Kepala Kearsipan Unhas beserta para staf Unit Kearsipan Unhas. Sedangkan pelaksanaan Sharing session kearsipan di UIM dipimpin oleh Wakil Rektor II UIM, Dr.Syarifuddin Modding,ST, MT, dengan moderator Dr. Ir. Musdalifah Mahmud,MSi (Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIM).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Biro Akademik dan Administrasi, Wakil Dekan II dalam lingkup UIM, Kepala Bidang Akademik, Keuangan dan Administrasi UIM, Kepala Pasca Sarjana UIM, Para Kepala Tata Usaha 9 Fakultas di lingkungan UIM.

Kepala Akuisisi dan Pengolahan Arsip Unit Arsip IPB, Ir. Hirra Nurlaeni, MM dalam

paparannya diantaranya mengemukakan bahwa Unit Arsip IPB terus melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan serta upaya terwujudnya tertib arsip di lingkungan IPB.

Salah satu kegiatan yang direncanakan adalah penyelenggaraan Gerakan Sadar Tertib Arsip (GSTA). Hal tersebut mengingat masih rendahnya kesadaran tentang arti pentingnya arsip.

Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu.,MA dan Wakil Rektor II Universitas Islam Makasar Dr.Syarifuddin Modding.ST.MT setuju bahwa Program GSTA perlu sekali disosialisasikan di lingkungan setiap instansi, untuk membangun kesadaran pentingnya mengelola arsip, membangun penyelenggaraan tertib arsip dan menyelamatkan arsip di setiap organisasi.

Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dalam pengelolaan arsip dinamis

juga dibahas dalam kegiatan ini.

Oman Suratman,S.Ag. (Kepala Tata Usaha) Unit Arsip IPB mengemukakan bahwa salah satu upaya dalam pengembangan SIKD di IPB yaitu melalui program pembinaan terhadap seluruh arsiparis dan tenaga pengelola arsip di lingkungan IPB berupa pelatihan, bimbingan teknis, program magang, workshop dan seminar-seminar.

Upaya pengembangan SDM arsiparis dan pengelola arsip di Unhas juga dilakukan melalui

pelatihan-pelatihan dan bimtek. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Kearsipan Unhas, Wa Ode Nurnia Rahim, SE, MM.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terjalin kerjasama dalam hal peningkatan kualitas penyelenggaraan Tata Kelola Arsip berbasis teknologi informasi serta kerjasama mensukseskan GNSTA

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/